Tips Mengunjungi DETIK.COM tanpa Iklan

Detikcom bisa jadi adalah sebuah situs portal berita yang paling banyak dikunjungi, sampai-sampai detik.com ini sangat melekat diantara pikiran para netter di Indonesia “Tiada hari tanpa detikcom” begitu kata rekan kerja saya. Padahal, banyak situs berita lain yang juga menyajikan berita-berita di ranah maya ini, sebut saja seperti kompas, okezone, republika, dan masih banyak lagi. Alasannya sederhana saja, sajian beritanya lebih up to date.

Dengan alasan tersebut, banyak diantara pengunjung yang memaklumi dengan banyaknya iklan atau banner yang menghiasi situs detikcom, namun tak jarang banner-banner itu sampai menginvasi wilayah teks atau konten berita sehingga berita terhalangi.

Selain itu, ketika membuka halaman depan detikcom ini sering kali membuat browser kita terdiam sejenak, karena banyaknya animasi flash dan plugin yang harus di jalankan dalam waktu bersamaan. Harus maklum?! Ya tentu saja, karena kita mendapatkan informasi dengan cuma-cuma, up to date lagi…

detikcom-iklan.jpg

Kali ini saya tertarik untuk menggunakan edisi lain dari detikcom, yaitu detikportal, detikcom berbayar yang tanpa iklan. Supaya lebih praktis, saya mendaftar melalui SMS, dalam hitungan detik saya sudah mendapatkan user dan password.

Produk berbayar ini memang sangat berbeda dengan produk yang gratis, bebas sekali iklan yang mengganggu, bersih, dan cepat. Setelah kurang lebih seminggu menikmati situs ini, saya merasakan beberapa kekurangan. Apa saja?

Mungkin karena terbiasa mengunjungi detikcom, detikportal terasa asing, navigasi detikportal terasa sedikit merepotkan. Tidak seperti detikcom yang ketika kita mengungunjungi halaman depan, dan semua berita baru tampil, detikportal menampilkan headline harian yang bisa mengesankan berita tidak update. Terkadang, headline menampilkan berita kemarin ketika kita membuka detikportal. Berita terbaru / Breaking news dari detikcom ditampilan pada sebuah kolom disebelah kanan headline.

detikportal.jpg

Lalu kemana berita-berita terbaru? Untuk mendapatkan update berita teranyar, anda dapat mengaksesnya dengan menggunakan menu Breaking News dan memilih submenu. Hal ini tentu sangat berbeda dengan situs detikcom yang semua headline tiap sub-topik tampil dalam satu halaman.

detikportal2.jpg

Mari kita geser pandangan beranda detikportal ke halaman bawah, dibagian bawah terdapat pula kolom-kolom seperti teknologi, keuangan dll. Namun sayang, sepertinya beberapa kanal tidak sering di update, pada hari ini, saya coba mengakses kanal teknologi:

detikportal3.jpg

Pada tanggal 27 Agustus, berita utama masih tertera tanggal 24 Agustus. Ya, terkesan pengelolaan detikportal ini kurang serius. Selain itu sistem navigasi dan penyajian konten yang kurang bersahabat membuat pengunjung perlu banyak waktu untuk menyesuaikan diri dan menjadi terbiasa.

Jangan tutup jendela browser Anda ketika mengakses detikpoertal kenapa? Ketika Anda kembali membukanya di jendela baru, Anda akan diminta memasukan username dan password kembali. Fasilitas “Remember me on this computer” seharusnya disediakan, karena orang pasti akan sering membuka-tutup situs berbayar ini dan tak mau direpotkan dengan harus mengisi form dan menekan tombol.

RSS ? Saya memimpikan cuplikan berita terbaru detikcom di software RSS saya, apakah hal ini akan terwujud?