Tips Mengatasi Penyakit Amandel pada Anak

Amandel adalah salah satu organ tubuh yang memiliki bahasa medis tonsil palatina atau tonsil. Tonsil palatina ini merupakan kelenjar limfoid/ getah bening yang terdapat dalam rongga mulut (faring) serta berhubungan dengan adenoid/tonsil faringeal dan tonsil lingual, sering disebut cincin Waldeyer. Organ ini termasuk dalam sistem imun/ pertahanan tubuh. Jadi fungsinya sebagai benteng pertahanan tubuh melawan infeksi. Jika infeksi cukup berat, maka akan muncul tonsilitis, yaitu peradangan tonsil.

PENYEBAB Untuk penyebab tonsilitis bisa bakteri ataupun virus. Penularannya terjadi melalui udara, tangan, atau ciuman. Untuk bakteri, yang menyerang biasanya streptococcus beta-hemolyticus grup A atau streptococcus pneumonia, haemophylus in?uenza, dan moraxella catarrhalis. Sedangkan untuk virus, penyebab utamanya virus epstein barr.

GEJALA:

  • Umumnya sama untuk tiap usia, yakni: diawali dengan demam, lalu anak merasa nyeri saat menelan, dan mulutnya bau.
  • Jika diperiksa lebih saksama, di kerongkongannya terlihat ada peradangan atau pembengkakan tonsil.
  • Karena penyebab tonsilitis bisa oleh virus, gejalanya sering kali menyerupai Amandel Tak Harus Selalu Dioperasi common cold yang disertai nyeri tenggorokan.

BILA TIDAK DIOBATI

Tanpa adanya penanganan, tonsilitis dikhawatirkan bisa menyebabkan sumbatan jalan napas, hingga henti napas saat tidur (obstructive sleep apnea), tidur mendengkur, saat berbicara sengau/bindeng. Kondisi tersebut dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup: anak akan mengalami lemah, letih, lesu, tak bersemangat, rasa mengantuk, gampang lelah, sulit konsentrasi, sampai mengalami penurunan daya ingat. Selain itu, karena mengalami demam, biasanya anak akan merasakan nyeri sendi, tidak nafsu makan, hingga rasa nyeri di telinga. Ini semua tentu dapat membuat anak menjadi rewel.

Penyakit pada anak terutama amandel memang harus mendapatkan perhatian secara penuh. Karena amandel merupakan anggota bagian tubuh yang sangat penting namun juga rentan. Beberapa cara pengobatan bisa dilakukan di rumah dengan resep dokter. Selain kesehatan anak , pendidikan anak juga sangat penting. Terutama dalam hal berbahasa lokal dan bahasa asing. Agar anak menguasai berbagai bahasa, ajarkan anak bahasa sejak dini. Karena di umur yang dini sangat mudah dalam hal menyerap sesuatu yang baru terutama bahasa. Kursus pelatihan bahasa asing terbaik adalah pilihan tepat untuk para orangtua yang ingin anaknya memiliki keterampilan bahasa asing.