Tips Mengatasi Penyakit Amandel pada Anak Bagian 2

OBAT YANG TEPAT

Pada penyakit radang tonsil yang disebabkan oleh virus, bisa diupayakan agar anak merasa cukup nyaman saja. Parasetamol dapat diberikan untuk meredakan gejala demam atau ketidaknyamanan lain, seperti tidak bisa menelan makanan, bahkan tak mau minum. Terapi lain yang harus dilakukan adalah istirahat dan minum cairan yang cukup. Cara terbaik untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan beristirahat. Untuk tonsilitis yang disebabkan bakteri, perlu pengobatan antibiotik, seperti: golongan penisillin, obat penurun demam, dan obat kumur yang mengandung desinfektan. Obat kumur ini berguna untuk mengurangi jumlah bakteri yang ada di mulut dan kerongkongan.

Hal yang penting yang harus diperhatikan ialah, penggunaan antibiotik harus benar berdasarkan alasan medis yang sangat kuat. Bahwa penyakit tonsil pada anak disebabkan karena bakteri bukan disebabkan karena virus. Apabila sampai salah dalam melakukan pengobatan, seperti virus diobati menggunakan antibiotik. Maka yang terjadi adalah sia – sia saja, karena virus tidak mempan jika diobati menggunakan antibiotik.

Dan hal penting lainnya yang wajib diperhatikan ialah, penggunaan antibiotik harus dihabiskan dalam dosis yang benar dan sampai tuntas. Agar semua bakteri yang menyerang tonsil hilang semuanya. Sehingga bakteri tidak menjadi resistan terhadap antibiotik.

PROSES DIAGNOSIS

Nah, supaya tidak terjadi salah pemberian obat, dalam mendiagnosis tonsilitis, dokter akan memeriksa amandel dengan menggunakan stik kayu yang dikenal sebagai spatel lidah. Fungsinya untuk menurunkan lidah, sehingga dokter dapat melihat tonsil dengan jelas. Setelah itu, dokter memeriksa telinga dan hidung.

Penanganan penyakit anak oleh dokter spesialis anak harus dilakukan agar tidak menjadi penyebab penyakit yang parah di kemudian hari. Dengan melakukan pengobatan lebih cepat dan tidak mengulur waktu penyakit yang menjangkit pada anak akan teratasi dengan cepat. Sehingga tidak menjadi penyakit yang bisa menyebar kemana-mana. Dengan begitu tumbuh kembang anak tidak terhambat. Agar anak bisa tumbuh dan berkembang sampai dewasa. Ketika sudah akan menginjak bangku kuliah sebaiknya berikan anak tambahan ilmu melalui kursus pelatihan tes masuk perguruan tinggi manca negara. Agar mendapatkan bekal ilmu dalam melalui tes masuk tersebut.