Terbukti dan terpercaya

Di kelas 12 ini emang katanya masa-masa yang paling berat akan datang. Bukan cuma berat doang tapi sibuk juga dan pusing juga. Aku yang sebelumnya masih main-main kali ini sudah harus serius. Gak boleh lagi nongkrong-nongkrong pulang sekolah. Atau gak ada lagi kalo libur seharian cuma nonton youtube atau main instagram doang. Aku harus lebih peduli sama kehidupan aku di kelas 12 ini. Sebenarnya aku begini karena selama ini aku memang terbiasa dengan cara belajar yang santai dan tanpa tekanan.

Awalnya orang tuaku menyuruhku untuk ikut bimbel setelah pulang sekolah atau belajar di rumah bersama guru privat. Tapi aku merasa kurang cocok belajar di bimbel. Karena nantinya pasti aku bukan serius belajar tapi malah main-main karena pasti aku akan mendapatkan banyak teman di sana. Sebaliknya jika aku belajar privat dengan guru datang ke rumah aku pasti akan bosan dan malah sering izinnya untuk tidak les atau bahkan bisa aku pura-pura tidur seperti dulu waktu kecil aku pernah les piano di rumahku.

Jadi aku memberi saran kepada orang tua ku untuk tidak perlu mendaftarkan aku ke bimbel. Cukup belikan aku buku-buku latihan soal serta buku tambahan materi saja. Aku akan belajar sendiri dan dengan belajar sendiri aku bisa lebih serius dan konsentrasi asal setiap belajar ada orang tuaku yang mengawasi agar terpantau kegiatan belajarku.

Seiring berjalannya waktu aku menemukan sebuah aplikasi yang sangat berguna. Aplikasi ini adalah Ruangguru. Pasti teman-teman sudah banyak yang tahu soal ini, karena aplikasi ini memakai Iqbal pemeran Dilan sebagai bintang iklannya. Selain itu Ruangguru juga sangat sering muncul di TV atau di iklan Youtube. Aku baru menyadari sekarang kalau Ruangguru bisa membantuku dalam proses persiapan ujianku di kelas 12. Aku berpikir pasti aku akan mendapatkan banyak referensi materi dan soal jika aku mengikuti bimbel online di Ruangguru.

Ternyata beberapa dari temanku sudah ada yang pernah berlangganan Ruangguru dan beberapa dari mereka bilang kalau Ruangguru adalah aplikasi bimbel online terbaik. Bukan hanya satu orang yang bilang seperti itu tapi kedua sepupuku bahkan menjelaskan mengapa bagi mereka Ruangguru adalah termasuk aplikasi online terbaik. Aku pun ikut berlangganan aplikasi ini. Dan setelah beberapa bulan aku berlangganan aku mulai merasakan beberapa manfaat diantaranya :

  1. Hemat waktu dan tenaga, aku merasa dengan sistem online ini dapat menghemat waktu dan tenaga, mengapa demikian? Karena aku dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Aku tidak perlu menyisihkan waktu khusus untuk bimbel sehingga kapan saja aku ada waktu kosong aku bisa mengisinya sambil belajar. Hal ini bukan bikin aku jadi jarang belajar, justru malah sering belajar. Bayangin aja kalau di bimbel konvensional sudah ditentukan seminggu dua atau tiga kali, tapi dengan sistem online ini aku bisa lebih dari itu karena setiap waktu kosong di mana pun aku bisa sambil belajar.
  2. Latihan dan pembahasan soal lebih mantap. Ujian di zaman sekarang sudah semuanya dengan sistem online, maka jika selama latihan sudah terbiasa dengan belajar dan soal dengan metode online, maka nantinya ketika tes sudah tidak asing lagi dengan bentuk soalnya. Selain itu pembahasan soal juga sangat rapih, jelas dan mudah dipahami. Kadang pembahasan soal yang diberikan malah membuat kita pusing dan tidak minat lagi mengerjakan soal yang lain, tapi di Ruangguru malah membuat kita semakin semangat belajar dan semangat untuk berlatih dan mencoba soal-soal lainnya.

Dua manfaat tadi sudah cukup menjelaskan kalau aplikasi ini memang aplikasi bimbel online terbaik, semua review dari teman dan sepupuku sudah ku buktikan sendiri dan tidak menyesal telah berlangganan aplikasi ini.