Perumahan dengan Akses Dua Arah

Dekat dengan stasiun kereta dan pintu keluar tol BORR membuat kawasan ini cukup diminati. Rumah-rumah kelas menengah ke atas pun bermunculan di sini. Cilebut adalah sebuah area yang ada di kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat. Area ini menjadi populer sejak dibukanya jalur tol lingkar luar Bogor (Bogor Outer Ring Road—BORR) yang menghubungkan tol Jagorawi dengan Bogor (daerah Warung Jambu). Selain dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi melalui pintu keluar tol BORR, Cilebut juga bisa diakses via kereta. Daerah Cilebut punya stasiun sendiri, yakni stasiun Cilebut, berada di antara stasiun Bojong Gede dan stasiun Bogor.

Nebeng Fasilitas Milik Tetangga

Daerah Cilebut sendiri tak memiliki banyak fasilitas. Hanya ada satu universitas yakni BSI yang berada tepat di depan perumahan Pesona Intiland. Namun, letaknya yang tak jauh dari Warung Jambu Bogor, membuat Cilebut mendapat keuntungan ketimbang Bojong Gede. Para pemilik rumah di Cilebut bisa “menumpang” fasilitas dan prasarana lengkap yang ada di Warung Jambu, seperti universitas, sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan besar.

Tercatat, ada 2 rumah sakit di daerah Warung Jambu, yakni RS Hermina dan RSIA Sentosa. Sekolah-sekolah besar seperti Gema Insani juga berada di kawasan Warung Jambu. Ada pula Depo Bangunan dan Mitra 10 . Sarana Rekreasi juga bisa ditemukan, walaupun letaknya tak terlalu dekat dengan CIlebut. Untuk mencapai semua fasiltas ini, pemilik rumah memang harus menggunakan sarana angkutan umum (angkot) atau kendaraan pribadi.

Rumah Kecil Dan Besar

Walaupun berada dalam satu jalur kereta dan satu jalur jalan, daerah Cilebut memiliki tipe perumahan yang berbeda dengan Bojong Gede. Jika di Bojong Gede lebih banyak ditemukan perumahan kecil ataupun klusterkluster yang hanya terdiri dari belasan rumah, di Cilebut ini terdapat beberapa perumahan menengah dengan tipe rumah yang cukup besar, walaupun ada pula perumahan yang berskala kecil.

Perumahan-perumahan tersebut kebanyakan berada di Jalan Raya Cilebut, tidak jauh dari stasiun Cilebut, hanya dengan jarak sekitar 1—3km. Banyak perumahan yang sudah jadi, setengah jadi (baru sebagian terbangun), serta perumahan yang baru saja dipasarkan dan masih berupa lahan kosong. Di antara semua perumahan tersebut, yang terkonsep dengan baik adalah Cilebut Residence.

Apa Keuntungan Tinggal Di Sini

Letak Cilebut memang cukup jauh dibanding Bojong dan Cibinong. Jika naik kereta dari stasiun Tanah Abang, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 ½—2 jam. Harga rumahnya pun sedikit lebih mahal dibanding dengan Bojong. Namun suasana di Cilebut lebih tenang karena belum sepadat Cibinong dan Bojong. Udara pun lebih adem karena masih banyak pepohonan di sini. Jalan raya di depannya pun cukup baik, beraspal dan mulus.

Menurut keterangan beberapa tukang ojek yang mangkal di dekat stasiun, tak ada kemacetan berarti di sepanjang jalan ini. Kemacetan hanya terjadi di dekat stasiun, terutama saat pagi dan sore hari. Bisa diaksesnya Cilebut dari jalur kereta dan jalur mobil pribadi, kedekatannya dengan Bogor yang punya fasilitas lengkap, menjadikan daerah ini bisa dipertimbangkan untuk Anda yang akan menggunakan kereta saat bekerja di Jakarta, namun tetap ingin menggunakan kendaraan pribadi untuk keluar mencari atau rekreasi bersama keluarga di akhir pekan.

rumah belum lengkap apabila tidak dilengkapi dengan genset. karena genset sangat berguna ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN. Genset yang cocok untuk rumah tangga adalah genset silent. Harga jual genset silent 50 Kva di Jakarta yang murah bisa didapatkan jika membelinya di distributor resmi genset Cummins.