Pengertian Cutting Tools dan Karakteristiknya

Di dalam bidang industri, cutting tools memiliki peran yang sangat penting sebagai peralatan yang selalu dibutuhkan. Pada biasanya cutting tools ini akan didapatkan dari pihak pemasok atau seringkali disebut sebagai supplier cutting tools. Melalui supplier tersebut akan ada banyak penawaran berbagai jenis cutting tools yang bisa dipilih sesuai kebutuhan industri.

 

Untuk masing-masing industri tentunya akan membutuhkan cutting tools yang tidak sama, sehingga pemilihan berbagai jenis cutting tools wajib diperhatikan dengan baik. Tujuannya yaitu supaya spesifikasi yang dibutuhkan sesuai. Hal ini pun juga mampu memberikan ke efisiensi dan kinerja yang lebih maksimal. Lalu apa pengertian cutting tools itu sendiri?

 

Cutting Tools merupakan alat pemotong atau cutter yang seringkali digunakan sebagai penghilang bahan pada benda kerja melalui deformasi geser. Secara umum bahan material yang digunakan pada cutting tool ini merupakan proses pemesinan yang menjadi faktor utama. Hal ini bisa mempengaruhi pada bagian proses pemesinan itu sendiri.

 

Ketika proses pemesinan berlangsung, maka cutting tool ini akan mengalami kenaikan, baik pada bagian tegangan maupun temperatur. Hal ini dikarenakan adanya gesekan yang terjadi pada benda kerja. Sangat penting bagi Anda sebelum melakukan pembelian cutting tools untuk mengetahui bahan material yang digunakan.

Karakteristik Bahan Cutting Tools

Menentukan karakteristik dari bahan cutting tools ini memiliki peran yang sangat penting dan sebaiknya harus dilakukan dengan teliti. Tujuannya yaitu supaya cutting tools yang Anda pilih tersebut benar-benar sesuai kebutuhan. Sesuai dengan pengertian cutting tools sebagai alat pemotong, maka Anda bisa mengetahui beberapa karakteristik seperti berikut:

 

  1. Karakteristik kekerasan

Untuk karakteristik kekerasan ini pada biasanya bahan cutting tools memang harus keras dibandingkan pada benda kerja yang sedang dikerjakan. Kekerasan dari bahan cutting tools dapat mempengaruhi dari segi kekuatan cutting tools itu sendiri. Terutama ketika melakukan proses pemesinan. Ditambah lagi dengan temperatur nya yang cukup tinggi, yaitu lebih besar dari 600 derajat Celcius.

 

Di dalam suhu tersebut, maka untuk bahan material berupa logam dapat mencapai suhu austenit. Untuk bahan-bahan yang digunakan di dalam cutting tools ini hendaknya harus dipilih dan disesuaikan pada temperatur. Terutama ketika berada dalam proses pemesinan. Tujuannya yaitu supaya proses cutting dapat berjalan secara efisien.

 

  1. Ketangguhan

Selain kekerasan, untuk ketangguhan juga perlu diperhatikan yang mana untuk ketangguhan itu sendiri menjadi karakteristik pada ketahanan dalam suatu cutting tools. Supaya bisa mengatasi gaya impact ketika berada pada proses pemesinan. Selain itu ketika proses berlangsung maka cutting tools juga tidak akan mengalami putus-putus. Misalnya saja ketika melakukan pembuatan roda gigi atau poros spline.

 

  1. Ketahanan aus

Karakteristik yang sangat berpengaruh terhadap umur dari cutting tools itu sendiri yaitu ketahanan dari aus itu sendiri. Di dalam proses pemesinannya sebelum melakukan cutting tools harus diganti maupun diasah terlebih dahulu. Sehingga cutting ini harus benar-benar diperhatikan supaya cutting tools tidak mudah mengalami kerusakan.

 

  1. Kestabilan kimia

Beberapa karakteristik yang ada di atas, untuk kestabilan kimia juga menjadi bagian karakteristik penting dan wajib dipenuhi. Hal ini dikarenakan pada bagian bahan-bahan benda kerja yang digunakan bisa saja menimbulkan keausan. Dengan hal ini maka mau ataupun tidak mau pengguna harus memperhatikan dari segi kestabilan kimia.

 

Pengertian cutting tools yaitu sebagai alat pemotong yang memiliki peran penting di dalam industri manufaktur supaya proses pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya cutting tools ini tentu industri manufaktur tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Tidak hanya industri manufaktur saja, akan tetapi banyak sekali industri yang menggunakan alat cutting tools ini.