Pasuruan: Kota Kecil Sajikan Beragam Eksotika Jawa Timur

Pasuruan merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Malang dan berdekatan dengan Kota Surabaya. Walaupun gaungnya belum terdengar, namun kota ini memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Kota Batu ataupun Kota Malang. Jika anda ingin menjajal tempat wisata yang menarik dan bosan dengan gemerlap Surabaya, maka Pasuruan menjadi salah satu destinasi yang pantas anda pertimbangkan. Beberapa tempat wisata paling kece di Pasuruan akan dirangkum dalam artikel berikut.

 

1. Taman Safari Prigen

Taman Safari ini berlokasi di daerah Prigen. Apabila anda memiliki si kecil anda dapat mengajaknya berwisata mengenal banyak hewan di sini. Menariknya, selain melihat anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan – hewan  ini. Ada pula panggung atraksi yang disediakan oleh pengelola, anda dijamin tidak akan kehabisan wahana di sini. Tiket masuknya cukup terjangkau berada di kisaran 70.000 hingga 140.000 tergantung paket yang akan anda pilih. Alamat lengkapnya berada di Desa Jatiarjo RT 12 RW 06, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

 

2. Pantai Penunggul

Pantai ini merupakan salah satu destinasi unggulan di wilayah Kabupaten Pasuruan. Pantai ini berbatasan dengan Kota Probolinggo dan memiliki pasir putih yang amat lembut. Apabila anda ingin mengajak anak kecil maka pantai ini tergolong aman karena ombak yang dihasilkan pun cukup tenang dan pantainya masih tergolong bersih. Anda bisa melakukan beragam kegiatan di sini, seperti berjemur, bermain air, bermain voli, berburu foto yang instagrammable hingga menelusuri hutan bakau juga dapat anda lakukan. Apabila anda membawa rombongan dan takut kesulitan mendapatkan tempat parkir maka anda tidak perlu risau. Pengelola pantai ini menyediakan tempat parkir yang cukup luas serta fasilitas umum lainnya seperti toilet, tempat makan hingga penginapan yang cukup memadai. Tarif yang ditawarkan juga masih tergolong terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan tiket sebesar Rp. 15.000 untuk menikmati wisata air ini sepuasnya karena wisata ini dibuka 24 jam. Menarik bukan? Anda tidak perlu tergesa – gesa untuk segera pulang.

 

3. Danau Ranu Grati

Jika di wilayah Sumatera memiliki Danau Toba, maka Pasuruan juga tidak mau kalah dalam hal memiliki Danau dengan ukuran yang sangat luas. Berdasarkan informasi yang diperoleh, luas Danau Ranu Grati ini mencapai 107 Hektar dan masuk dalam salah satu danau terluas di Provinsi Jawa Timur. Berbeda dengan danau yang sering kita lihat dengan kondisi yang memprihatinkan, maka danau ini masih terjaga dengan amat baik dan airnya cukup jernih, serta tidak tampak sampah di sekitar danau ini. Saat berkunjung ke danau ini anda dapat menikmati beragam fasilitas, seperti memancing di pinggiran danau, berburu sunset hingga berkeliling area danau dengan perahu akan menemani liburan anda dengan rasa yang berbeda.

 

4. Kebun Raya Purwodadi

Jika anda malas untuk mencari lokasi pantai yang terkadang sulit ditemukan dan akses jalan yang cukup susah, anda bisa menggunakan opsi lain yakni Kebun Raya Purwodadi. Terletak di pinggir jalan utama Malang – Surabaya letak ini tentu sangat mudah ditemukan. Kebun raya yang diprakarsai oleh Dr. Drik Van Slooten ini merupakan pilihan jika anda ingin menikmati sejuknya pepohonan. Umumnya wisatawan kesini untuk berfoto.

Sekian beberapa tempat wisata paling kece di Pasuruan. Bagaimana? Sudah menentukan pilihan anda? Segera tentukan dan rencanakan liburan menarik anda.