Macam – Macam Metode Sterilisasi Dan Penjelasannya

Sterilisasi merupakan salah satu hal yang wajid dilakukan di rumah sakit dan klinik. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan infeksi silang dari pasien yang satu dengan pasien lainnya. Sterilisasi itu sendiri tidak hanya digunakan di rumah sakit, banyak sektor lain yang juga menggunakannya seperti pertanian dan juga industri makanan.

Sterilisasi secara umum adalah menghilangkan mikroorganisme patogen (virus / bakteri) yang menempel pada benda tertentu dengan menggunakan metode tertentu. Nah, perlu kita garis bawahi metode yang digunakan. Dalam hal ini secara umum sterilisasi dapat kita bagi menjadi beberapa metode.

Macam Metode Sterilisasi

# Metode Panas Kering

Proses sterilisasi melalui metode panas kering dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut sterilisator kering atau dry heat sterilizer. Dalam metode ini, panas diradiasikan ke seluruh ruangan oleh media sterilizer yang berupa infra merah. Panas akan tersebar merata di seluruh bagian dalam alat sehingga akan mensterilkan alat yang terdapat di dalamnya.

# Metode Panas Uap Bertekanan

Selain metode panas kering ada juga metode panas basah yang juga disebut sebagai metode panas uap bertekanan. Metode ini memanfaatkan uap panas yang berasal dari air mendidih kemudian dipadukan dengan tekanan yang tinggi. Untuk melakukan metode ini dibutuhkan sebuah alat yang sering disebut Autoclave.

# Metode Kimiawi

Metode kimia yaitu sterilisasi dengan menggunakan zat – zat kimia. Proses ini biasanya digunakan untuk proses awal sterilisasi menggunakan panas uap atau panas kering. Jadi alat – alat kesehatan sebelum disterilkan menggunakan autoclave atau sterilisator kering disterilkan dengan metode kimiawi yaitu direndam dengan menggunakan larutan kimia.

# Sterilisasi Sinar UV

Sinar UV tidak hanya berbahaya untuk manusia, namun di sisi lain sinar UV juga dapat bermanfaat untuk manusia yaitu untuk sterilisasi ruang atau sterilisasi air. Contohnya bisa kita lihat pada proses pembuatan air mineral proses sterilisasinya menggunakan sinar uv pada intensitas tertentu. Sama juga dengan ruangan rumah sakit, juga disterilkan dengan menggunakan sinar UV.

Mungkin masih ada lagi metode sterilisasi yang belum kami masukkan di sini, silahkan anda bisa tambahkan di komentar. Informasi untuk anda yang sedang membutuhkan alat sterilisasi anda bisa kunjungi www.jualautoclave.com, distributor autoclave indonesia resmi yang berbadan hukum. Sekian, semoga bermanfaat !