Mengenal Frekuensi dan Hubungannya Dengan Mesin Genset

Mengenal Frekuensi dan Hubungannya Dengan Mesin Genset

Jual Genset – Jika kita berbicara mengenai karateristik unik dari listrik tipe AC yakni arus bolak balik maka kita akan menemukan beberapa hal seperti Ampere, Hz lalu Voltase. Istilah Voltase, mungkin sebelumnya sudah pernah kita dengar yakni tegangan listrik.

Secara lebih lanjut, seberapa bear perbedaan dari potensi listrik antara 2 kutub, maka makin besar akan berbeda pula potensi yang dimiliki, katakana saja makin besar pula tegangan maupun voltase nya. Tanpa melihat perbedaan potensi ini, maka aliran litrik tidak akan pernah mengalir dengan cara yang benar.

Jadi, aliran listrik ini kita sering sebut dengan arus litrik. Apa sih arus listrik? Arus listrik merupakan jumlah electron yang melalui suatu titik pada rangkaian listrik dari suatu periode waktu, misalnya dihitung per detiknya. Makin banyak jumlah electron yang lewat maka makin besar arus listrik yang dihasilkan. Arus listrik memiliki satuan Ampere.

Maka secara ilmiah, arus listrik ini yang akan menjadi sumber tenaga bukannya voltase. Kapan pun, tegangan bisa meningkat namun bukan berarti ada arus yang melaluinya. Hal ini bisa kita lihat terhadap bendungan yang tertutup dengan rapat. Beda potensi di antara sisi waduk dengan sisi selepas pintu bedungan tentunya sangat besar. pada waduk yang tertimbung dengan air dalam intensitas tinggi siap mengalir deras sedangkan selama pintu bendungan masih tertutup dengan rapat maka tidak akan bisa arus air melaluinya.

Hz memang tidak sefamiliar Voltase maupun Ampere. Namun sebelum membahas mengenai Hz, kamu harus paham lebih dahulu, apa itu listrik AC. Apa yang membedakan listrik AC dari DC?. Singkatnya, listrik AC memungkinkan arus listrik untuk berbalik arah, maka dari itu, nama lain dari arus AC adalah arus yang bolak balik.

Hz merupakan satuan yang mengatur frekuensi. Sedangkan Frekuensi merupakan jumlah dari kejadian pada suatu masa atau periode waktu tertentu, entah dalam hitungan detik. Bila kita mempunyai arus listrik AC berfrekuensi 50Hz maka kita tahu dalam satu detiknya, arus listrik akan bolak balik hingga 50 kali.

Pada mesin genset, frekuensi listrik berhubungan secara langsung dengan total putaran mesin atau RPM. Maka dari itu, bila kamu memperoleh genset impor, Jepang, maka kamu harus memastikan lebih dahulu berapa frekuensinya. Genset yang baik, umumnya memiliki mesin responsive supaya perubahan dari kecepatan putar tidak lama lalu mengganggu stabulitas dari frekuensi listrik. Maka dari itu, dibutuhkan sistem governor yang terbaik.