Mahasiswa Baru? Ini Tips Untuk Cari Kost

Pilihan untuk hidup di perantauan tentunya identik dengan yang namanya kost, apalagi untuk mereka mahasiswa baru. Nampaknya susah-susah gampang untuk bisa mendapatkan kost yang nyaman dan ideal untuk kamu. Menentukan kost yang sesuai deng kriteria butuh beberapa pilihan. Sedangkan kamu pun butuh waktu untuk mencari dan survey.

Namun kamu tak perlu khawatir untuk hal itu. Modern saat ini kamu mencari berdasarkan daerah contohnya kost semarang tidak harus datang dulu ke kotanya. Kamu saat ini bisa dirumah ataupun dimana saja. Dengan menggunakan aplikasi mamikos masalah pencarian kostmu akan terselesaikan. Download aplikasi mamikos, kemudian kamu akan mudah mendapatkan berbagai pilihan kost. Kemudahan mencari kost melalui mamikos terdapat banyak fitur.

 

Diantaranya fitur pencarian berdasarkan kisaran harga, jangka waktu, area dan bahkan lokasi terdekat dengan kamu saat ini. Kamupun tak perlu survey secara langsung, karena data yang tertampil di mamikos sudah diverifikasi dan selalu update. Untuk saat ini banyak kost yang dibangun secara eksklusif dengan fasilitas yang lengkap layaknya seperti hotel. Namun kost dengan fasilitas standart dan semi eksklusifpun juga banyak. Jadi kamu pun bisa memilih kost sesuai dengan budget.

Saat tinggal dikota perantauan, tentunya sebagai mahasiswa baru pun memperhitungkan apa saja yang perlu perhatikan saat mencari kost. Jika kamu tidak teliti dan terburu-buru tentunya kamu tidak maksimal dan bisa jadi kost yang dapatkan tidak nyaman. Bagaimana cara untuk mendapatkan kost ideal dan nyaman? Berikut tipsnya :

Budget

Wah jika bicara soal budget, mungkin terdengar lebih sensitif. Sebelum kamu memulai cari kost, langkahnya adalah tentu kamu sudah tahu berapa budget yang kamu keluarkan untuk membayar kost. Apakah itu budget untuk kost per bulan atau bahkan tahunan. Hal inipun juga mempengaruhi, tak heran saat ini kebanyakan kost dengan model per enam bulan atau bahkan per tahun. Jadi kamu tentu sudah menentukan dan menemukan budget yang ditentukan, jika budget kost kamu bulanan mungkin kamu lebih prefer mencari kost yang memang membayarnya bulanan. Untuk itu carilah kost dengan harga yang sesuai budget.

Memilih sendiri atau berdua

Istilah “bedua lebih baik, sendiri lebih nyaman” nampaknya cocok untuk menggambarkan kehidupan sebagai anak kost. Memilih untuk kost sendiri atau berdua tentu masing-masing orang memiliki alasan sendiri. Sendiri tentu lebih nyaman jika mau ngapain, karena kamupun bisa mengatur atau design kost sesuka hati tanpa ada intervensi. Apalagi kamu yang memang sangat rapi, memang lebih baik kost sendiri. Dan biasanya mereka yang memilih sendiri, karena lebih kepada privasi. Kemudian sebagian orang yang memilih berdua, biasanya dengan alasan bayar kost menjadi lebih murah. Memang harga yang kamu bayarkan lebih murah jika sekamar berdua, karena uang kost dibagi dengan jumlah penghuni.

Fasilitas Kost

Memang banyak pemilik kost yang saat ini menawarkan fasilitas yang menarik. Mulai dari toilet di dalam kamar kost, include listrik dan wifi, meja, kursi, televisi, AC, dan beberapa fasilitas lainnya. Semua itu tentu harus kamu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semakin lengkap fasilitas yang kamu dapatkan, tentu harganya semakin mahal tentunya.

Letak yang strategis

Kamu pasti mencari kost yang terletak strategis kemudian berangkat ke kampus pun lebih dekat. Mendapatkan kost yang jaraknya dekat dnegan kampus tentu akan menghemat waktu tempuh serta biaya transport yang kamu keluarkan.  Jika kamu menggunakan transportasi umum seperti busway tentu memerlukan waktu tempuh yang lebih lama. Namum jika lokasi kost dekat dan bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu akan menjadi kemudahan untukmu. Oleh itu usahakan cari kost yang dekat dengan kampus ataua area strategis.