Langkah Tata Cara Sholat Tahajud yang Benar

Tata cara sholat tahajud atau yang biasa disebut sebagai sholat malam ini merupakan jenis sholat sunnah mu’akad yang biasanya dikerjakan pada malam hari. Sholat sunnah yang juga bisa dikerjakan pada sepertiga malam ini bisa dikerjakan minimal 2 rekaat dan maksimal sebanyak-banyaknya atau tidak terbatas.

Sebenarnya tata cara sholat tahajud ini sama layaknya sholat sunnah lainnya, hanya saja waktu pelaksanaan serta bacaan niatnya yang berbeda. Namun, meskipun demikian masih banyak sekali umat muslim yang bingung bagaimana langkah sholat tahajud yang baik dan benar. Nah bagi Anda yang masih merasa bingung, simaklah ulasan dibawah ini dengan seksama.

Tata cara sholat tahajud

Langkah-langkah Tata Cara Sholat Tahajud

Berikut ini langkah-langkah dan tata cara sholat tahajud yang benar sesuai ajaran agama.

1. Tutorial sholat tahajud yang baik dan benar yang pertama adalah dengan membaca niat sholat tahajud dengan suara yang pelan yang diimbangi dengan bacaan artinya didalam hati.

2. Setelah selesai membaca bacaan niat sholat tahajud, lalu langkah selanjutnya adalah membaca takbir sembari mengangkat kedua tangan ke atas.

3. Kemudian lanjutkan dengan membaca doa iftitah sebelum melafazkan surah Al-Fatihah. Doa iftitah ini bukanlah suatu doa yang wajib dilafazkan ketika melaksanakan sholat sunnah maupun sholat wajib sekalipun. Sebab doa ini memiliki sifat yang sunnah. Namun untuk menyempurnakan sholat alangkah lebih baiknya jikalau Anda membacakan doa iftitah ini setiap mengerjakan sholat.

4. Nah setelah itu barulah dilanjutkan dengan bacaan surah Al-Fatihah yang kemudian disusul dengan surat-surat pendek lainnya yang Anda hafal. Seperti misalnya surah An-Nah, Al-Falaq, Al-Ikhlas dan beberapa surat pendek lainnya

5. Langkah selanjutnya adalah melanjutkan gerakan layaknya sholat sunnah pada umumnya, seperti rukuk, sujud, duduk diantara dua sujud yang nantinya diakhir rekaat diakhiri dengan bacaan salam.

6. Untuk menyempurnakan sholat tahajud setelah salam imbangi dengan bacaan wirid, sholawat, istiqfar takbir serta bacaan doa sholat tahajud.

Bagaimana, mudah sekali bukan tutorial sholat tahajud yang baik dan benar yang dapat Anda lakukan dirumah? Nah itulah tadi ulasan lengkap terkait tata cara sholat tahajud yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang semoga bermanfaat.