Inilah 9 fakta tentang Coban Tundo, No 6 bikin tegang…

Hai sobat traveler wisata coban atau air terjun di Malang memang tak ada tandingannya. Panorama air terjun yang selalu memukau, petualangan menuju lokasi coban yang selalu penuh cerita, hingga berbagai ragam kegiatan seru yang bisa kalian lakukan di sekitar air terjun. Begitu juga dengan air terjun Coban Tundo. Ada banyak hal menarik di coban ini, Sobat traveler bisa intip-intip dulu sebelum ke lokasi. kalian juga bisa memesan paket wisata malang 2 hari 1 malam dari Nahwa Travel, Naah inilah 9 fakta tentang coban tundo ini 

  1. TrekkingMelintasi Perbukitan 

Air terjun Coban Tundo, destinasi wisata alam yang memang lagi hits di Kabupaten Malang ini tepatnya berada di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kalian pakaik kendaraan apapun, baik roda dua ataupun roda empat, pada akhirnya harus berhenti di wilayah pemukiman penduduk yang paling dekat dengan lokasi air terjun. Dan tau apa artinya? Kalian bisa naik ojek untuk melanjutkan perjalanan hingga tiba di lokasi Coban Tundo. Atau bila kalian merasa cukup mahir mengendalikan motor di medan yang masih belum familiar, dan tidak gampang, silakan kalian lanjut saja. Opsi lain, kalian jalan kaki sambil menikmati pemandangan perbukitan yang hijau rimbun. Treknya yang naik turun perbukitan, gak lebih gampang dibanding dengan naik motor. Melelahkan bagi Sobat traveler yang gak biasa jalan kaki lintas alam, tapi seru bila kalian suka kegiatan fisik ditengah udara segar pegunungan. 

  1. Satu Lokasi, 4 Air Terjun, 4 Kolam

Keunikan air terjun Coban Tundo yang membuatnya melesat jadi hits maksimal adalah jumlah air terjunnya. Bukan cuma satu, jadi penduduk Malang menamainya Coban Tundo Siji, Coban Tundo Loro, dan Coban Tundo Telu. Atau jika dalam Bahasa Indonesia, satu, dua, dan tiga sesuai dengan urutan ketinggian air terjunnya. Air terjun Coban Tundo satu berada di urutan teratas, diikuti di bawah alirannya oleh Coban Tundo dua dan Coban Tundo tiga. Tapi sebenarnya Coban Tundo tiga ini bukan yang terakhir, Sobat travelers. Masih ada lagi satu curahan air di bawah Coban Tundo tiga, hanya saja akses jalanannya masih sulit dan belum terbuka sebagai destinasi wisata di Kabupaten Malang. Sungguh keistimewaan alam yang tiada duanya, bukan? Yaa! Hanya ada di Malang! 

  1. CobanTundo1 

Begitu sampai di area air terjun, Sobat travelers akan bertemu duluan sama Coban Tundo siji. Coban tundon ini memiliki ketinggian air terjun yang paling pendek, yaitu 5 meter saja, dan kedalaman kolam paling ramah buat Kalian, hanya sekitar 2 meter. Jika Sobat travelers masih baru belajar berenang, Coban Tundo siji ini pilihan main air yang pas. Apalagi, Kalian bisa menyewa pelampung yang ditawarkan penduduk setempat, semacam karet ban dalam. Airnya yang sejuk tampak begitu sangat bening, hingga tidak tega rasanya jika cuma dipandangi saja. Gak ketinggalan membawa baju renang dan baju ganti, kan? 

  1. CobanTundo2 

Coban Tundo 2 mempunyai ketinggian air terjun yang sedang, berkisar sekitar 10 meter, dengan kedalaman kolam berkisar 7 meter. Cukup dalam, khususnya bagi Sobat travelers yang cuma bisa berenang sekedarnya saja. Tapi Coban Tundo loro ini sebenarnya favorit sebagian besar wisatawan. Ada sebuah batu besar di samping air terjun yang sering dijadikan start lompat untuk terjun ke kolam. Bahkan bagi wisatawan yang punya nyali  adalah tantangan tersendiri untuk terjun langsung dari puncak air terjun. Kalian tergoda melakukannya juga? Memang seru, sih. Tapi kudu sadar diri, ya. Karena Kedalaman kolam dan derasnya arus air terjun bukan untuk wisatawan yang keterampilan berenangnya pas-pasan dan tak punya pengalaman berenang di alam bebas. Kalian masih mau pulang ke rumah kan, bukan ke UGD? 

  1. CobanTundo3 

Coban Tundo telu mempunyai ketinggian air terjun yang paling masif, yakni 15 meter. Makanya, tampilan air terjun Coban Tundo telu juga yang paling eksotis dalam keseluruhan aliran coban ini. Namun ini juga berarti bahwa Coban Tundo telu mempunyai kolam yang paling dalam. Oleh karna itu, sebaiknya kalian tidak berenang di kolam Coban Tundo telu. Apalagi, kolam Coban Tundo telu terkenal mempunyai pusaran yang sempat beberapa kali menelan korban jiwa. Didukung oleh sepinya suasana di sekitar Coban Tundo telu, pertolongan yang dibutuhkan hampir selalu datang dengan terlambat. Bila Sobat travelers masih menjumpai penduduk setempat yang menawarkan pelampung atau menjajakan makanan dan minuman di Coban Tundo dua, Coban Tundo telu ini nyaris seperti serasa ditinggalkan semua orang. 

  1. Bukan Tempat untuk Sendiri

Sebaiknya kalian memang  disarankan untuk berada di Coban Tundo sendirian, apalagi jika di Coban Tundo telu. Minimal, Sobat travelers main ke destinasi wisata alam ini minimal berdua. Dan tetap, sebaiknya saya sarankan beramai-ramai. Letak air terjun yang cukup jauh dari perkampungan penduduk membuat evakuasi tidak bisa dilakukan sesegera mungkin. Bukannya berpikiran buruk ya, Sobat travelers. Tapi memang susah memprediksi kondisi kolam, terutama kolam di Coban Tundo telu. Jadi kalian harus tetap berhati-hati, ajak teman teman yang banyak, dan lebih baik tetap berada di area yang paling ramai, yaitu Coban dua. 

7. Tak Bisa Renang? Jangan Tergoda NyeburDeh 

Susahnya memperkirakan kondisi kolam alami ini menjadi alasan penting kenapa Sobat travelers yang tak terlalu mahir berenang sebaiknya menahan diri, jangan mencoba untuk berenang. Atau, coba saja berenang di Coban Tundo siji, tapi pastikan dulu ada orang yang sigap mengawasi. Sudah jauh-jauh ke Coban Tundo, tapi cuman bengong kagak ngapa-ngapain, cuma lihat semua orang seru main air gitu? Perih, ya! Tapi kalian masih bisa menikmati suasana Coban Tundo yang asri hijau. Dan jelas, kalian masih bisa selfiewefie, dan beragam model foto apapun yang Kalian suka. Bila tak lupa bawa bekal, sekedar duduk bengong membasahi kaki sambil nyemil makanan juga masih asik. Benar, kan? 

  1. Sungai CobanTundo

Pilihan lain kalau Kalian gak bisa berenang, main di sungainya saja ya. Di sepanjang aliran Coban TundoKalian bisa berpijak pada bebatuan sungai, bermain air sedikit atau hanya sekedar menikmati udara segar. Kalian harus Tetap hati-hati ya, karena bebatuan sungai ini sangat licin di beberapa bagian. Kalian Gak pingin tergelincir, kan? Ya, gak lucu lah ya kalau tergelincir terus kenapa napa 

 

  1. Alam Sunyi CobanTundo

Haduuh, kok sepertinya semua kegiatan di air terjun Coban Tundo ini berisiko dan berbahaya, ya? Sebenarnya gak juga, sih. Yang terpenting, Kalian sadar kapasitas diri, apa yang sanggup dilakukan dan apa yang tidak. Dan juga, hati-hati jika melakukan apapun di destinasi wisata, di manapun lokasinya. 

 

Ingin dolan ke Coban Tundo? Jika kalian berkendara dari Kota MalangSobat trvelers akan memerlukan waktu kira-kira 2 hingga 3 jam. Infrastruktur jalannya sudah terbilang cukup baik, sampai kalian tiba di Dusun Sidoasri. Jika kalian menggunakan mobil, kendaraan roda empat ini harus kalian parkirkan cukup jauh dari lokasi air terjun, di pelataran penduduk setempat. Perjalanan menuju Coban Tundo ini dapat dilanjutkan dengan ojek motor atau jalan kaki. Atau, jika kalian cukup lihai mengendarai motor di medan yang sulit, silahkan kalian coba saja. untuk lebih memudahkan liburan mu, kamu bisa menghubungi Nahwatour .Have fun bro di Coban Tundo ya, Sobat travelers! 

Letak wisata: Dusun Sidoasri, Desa Tambak Asri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket dan Parkir
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Kendaraan: Rp 5.000,-