Ini Dia 4 Hewan Pemakan Plastik

Salah satu momok yang masih menjadi problematika umat manusia di belahan bumi manapun salah satunya adalah sampah. Apalagi sampah plastik yang tidak hanya menumpuk di daratan saja, tapi juga di lautan sampah plastik telah banyak mencemari ekosistem yang ada di sana. Tentu ini bukan sampah sampah plastiknya, tapi manusia yang seenaknya membuang sampah ke laut sembarangan atau bukan ke tempat sampah stainless steel.

Nah sebetulnya memang sudah banyak yang sadar akan hal ini. Di Indonesia sendiri, pemerintah sudah menerapkan kantong plastik berbayar.

Namun memang, usaha ini masih belum maksimal, karena rate penggunaan plastik masih sangat tinggi. Beberapa komunitas juga ada yang menggerakkan kampanye untuk menggunakan barang – barang ramah lingkungan, namun tetap hasilnya pun belum terlalu signifikan.

Di luar negeri sana, ternyata sudah banyak ilmuwan – ilmuwan yang mulai mengembangkan spesies pemakan plastik. Dan ternyata memang ada loh spesies pemakan plastik.

  1. Ada satu jenis jamur yang ditemukan bisa mengurai sampah plastik

Biasanya, sampah plastik itu bisa terurai dalam jangka waktu puluhan hingga ratusan tahun. Tapi, dengan jamur yang ditemukan di tumpukan sampah yang ada di Pakistan ini, menurutnya sampah plastik bisa diurai dalam waktu bulanan saja. Jamur tersebut bernama Aspergillus tubingensis.

  1. Selanjutnya adalah cacing Squirmy Mealworms yang ternyata bisa melahap plastik dan juga Styrofoam dan dia urai lewat ususnya

Pernah ada sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah universitas di Negara China yang menemukan cacing yang bisa bertahan hidup meski hanya memakan plastik dan juga Styrofoam.

Cacing Squirmy Mealworms ini memang memiliki pencernaan yang ajaib. Di dalam tubuhnya terdapat sebuah mikroorganisme yang bisa mengurai polietilen  – bentuk umum dari plastik.

Nah para peneliti ini juga memantau bagaimana kesehatan cacing tersebut selama diberi makan plastik dan juga Styrofoam, ternyata mereka sehat – sehat saja seperti cacing pada umumnya.

Wah, cacing ini patut dibudidaya jika begini memang hobinya makan plastik dan juga Styrofoam

Nah itu adalah beberapa hewan dan dan juga bakteri yang bisa memakan plastik. Tentu jika ini dikembangkan, maka nanti diharapkan akan muncul teknologi baru yang bisa mengurai plastik, yang selama ini belum bisa di lakukan.