Ini 4 Hal yang perlu kamu tahu sebelum memutuskan kerja part time

Modern saat ini masyarakat sudah menganggap bahwa kerja part time atau freelance menjadi sesuatu yang penting. Kerja part time saat ini sudah dianggap mampu menambah pemasukan bagi yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Begitupun dengan yang belum mendapatkan pekerjaan tetap, kerja ini bisa dianggap sebagai penyelamat pengangguran sekaligus menjadi batu lompatan. Lambat laun kerja part time menjelma jadi sebuah industri yang besar. Karena banyak sekali perusahaan yang mulai membuka lowongan kerja part time.

Mulai dari jasa menulis, barista, desainer, hingga programmer. Menarik, kehadiran kerja part time sekarang sudah disadari sangat membantu sebuah perusahaan yang tidak memiliki biaya operasional yang besar. Tren inilah yang sudah banyak diterapkan beberapa perusahaan, dirasa akan menguntungkan juga tak perlu mempersiapkan fasilitas kantor untuk kerja part time atau freelance.

Jika kamu ingin memulai kerja part time ataupun freelance tentu ada beberapa penjelasan yang harus kamu ketahui sebelum mencoba untuk memulai pekerjaan itu. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui :

Pahami dulu apa itu kerja part time

Sebetulnya memang tidak ada perbedaan yang sangat menonjol antara pekerja yang bekerja part time dengan pekerja yang bekerja full time. Dalam hal ini yang membedakan hanyalah waktu saja. Biasanya rata-rata pekerja penuh waktu akan habiskan sekitar 40 jam per minggunya untuk dikantor. Sedangkan untuk part time memiliki lebih sedikit waktu. Jika dihitung dalam satu hari membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam tergantung dengan pekerjaan yang dilakukan. Beberapa pekerjaan justru tidak menuntut waktu yang akan dihabiskan dan bahkan fleksibel kapan saja bisa dikerjakan. Yang terpenting adalah hasil akhirnya apakah pekerjaan sesuai dengan deadline dan hasilnya memuaskan.

Untuk pekerjaan ini tidak ada kontrak seperti pegawai tetap di kantor. Walaupun demikian kamu bisa membuat kesepakatan dengan orang yang memberikan pekerjaan. Contohnya mengenai upah dan juga fasilitas yang akan kamu dapatkan. Jangan hanya diam karena nanti jika ada masalah justru merugikan kamu.

Macam-macam pekerjaan part time

Semua pekerjaan hampir memiliki jalur part time yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan. Hanya saja tingkatan pekerjaannya tentu berbeda. Kamu bisa mencari pekerjaan part time sesuai dengan kemampuan atau hobi yang kamu miliki.

Dibawah ini contoh beberapa pekerjaan part time yang bisa kamu coba :

  • Penulis

Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak bermunculan website atau blog untuk bersaing mendapatkan pembaca dari penghasilan pasifnya. Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, silahkan coba pekerjaan ini tentu sangat mengasyikkan. Kamu bisa lakukan di rumah atau bahkan di cafe sambil ngopi mengerjakan pekerjaan ini.

  • Desain grafis

Suka mendesain? Kamu patut mencoba pekerjaan ini. Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa meluapkan melalui desain gambar, logo hingga editing video. Karena saat ini tren banyak produk di pasaran yang menjual karena tampilan desainnya sangat menarik.

  • Fotografer

Berbekal kamera yang dimiliki kamu bisa menghasilkan uang. Menggunakan berbagai sudut angle gambar bisa mengeluarkan upah untuk kamu. Tekuni pekerjaan ini karena akan sangat bermanfaat untuk kedepannya.

Masih banyak pekerjaan part time yang bisa kamu coba. Kamu bisa membuka aplikasi mamikos dan dapatkan lowongan kerja part time malang. Download aplikasi mamikos sekarang juga.

Manfaat kerja part time

Yang namanya pekerjaan tentu bermanfaat untuk kamu. Sekarang ini kamu harus tahu manfaat dari bekerja dengan waktu yang lebih sedikit. Manfaat yang kamu dapatkan di kerja part time yaitu pertama tentu dapatkan upah. Pada dasarnya setiap orang bekerja untuk mendapatkan upah. Upah yang kamu terima biasanya diberikan setelah pekerjaan kamu selesai. Kemudian selain upah, kamu mendapatkan hal yang baru yaitu pengalaman. Pengalaman ini nantinya akan sangat berpengaruh jika kamu akan melamar pekerjaan tetap. Dan kamu tak perlu kesulitan untuk menulis CV karena sudah memiliki pengalaman.

Kekurangan kerja part time

Setiap pekerjaan ada kekurangannya, apalagi dengan kerja part time yang tidak memiliki kontrak. Pertama tidak ada perlindungan untuk kamu terhadap pekerjaan. Contoh saja jika client tidak membayar dan kabur setelah pekerjaan selesai, kamu tidak bisa apa-apa. Kedua, tak jarang orang menyepelekan dan menganggapmu tidak profesional karena kamu kerja part time. Padahal belum tentu seperti itu, tak jarang justru pekerja part time lebih profesional dibandingkan pekerja kantoran.