Pasca Banjir, Harga Mobil SUV Bekas Tak Ada Kenaikan

Permintaan konsumen kendaraan jenis SUV di pasar mobil seken, mulai terangkat selepas bencana banjir Jakarta. Calon konsumen mempertimbangkan melakukan pembelian kendaraan tipe tersebut, melihat keterampilan kendaraan jenis SUV melewati genangan banjir di sejumlah area belakangan ini.

Peluang untuk para saudagar sejatinya tersingkap dengan eskalasi permintaan dari konsumen, terhadap model kendaraan SUV. Terlebih dengan jumlah pasokan kendaraan yang tidak sejumlah model MPV maupun perkotaan, yang sebetulnya memberi peluang pedagang mendongkrak harga.

Tetapi adanya peluang, tidak kemudian membuat pedagang mendongkrak harga secara sembarangan. “Langkah tersebut malah berisiko untuk pedagang sebab merusak situasi pasar, dengan harga normal saja belum pasti konsumen cocok,” kata Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

Keputusan memungut untung dengan mendongkrak banderol secara sembarangan, melulu berujung pada hilangnya konsumen potensial. Sementara, proses terbentuknya harga di bursa mobil seken sendiri berdasar pada situasi dan keyakinan pasar. “Kalau di luar bursa barangkali lain, tetapi urusan tersebut tidak hadir di sini,” kata Herjanto.

Tren eskalasi permintaan kendaraan model SUV sendiri belum dapat ditebak oleh Herjanto secara langsung. Kalaupun ada eskalasi tersebut tidak terbilang signifikan, sehingga menciptakan harga unit SUV incaran calon konsumen mengalami kenaikan dalam kurun masa-masa singkat.

Dorongan konsumen yang datang menggali kendaraan ke bursa mobil seken sendiri beragam. Selepas musim banjir, ada pelanggan yang memerlukan mobil baru sesudah unit lamanya menjadi korban, maupun mengerjakan upgrade sesudah sebelumnya mempunyai model kendaraan lain.

Pelanggan yang datang ke bursa mobil bekas telah mempunyai preferensi, berhubungan model kendaraan SUV yang diinginkan. “Biasanya model SUV yang lumayan populer laksana Toyota Fortuner atau Mitsuishi Pajero masih ditelusuri konsumen,” kata Herjanto menambahkan. Sumber: https://www.decisionsonevidence.com/seva-mobil-bekas/