Diagnostik Mobil, Cara Cepat Mengetahui Permasalahan Mobil

Pengembangan diagnostik mobil berbantuan elektronik telah bermanfaat bagi konsumen dan teknisi otomotif. Komputerisasi komponen mobil memungkinkan teknisi untuk mendeteksi masalah dengan mereka lebih cepat. Dengan diagnostik mobil di Northampton, Anda dapat mengatasi masalah yang akan terjadi sejak dini dan mencegahnya menjadi perbaikan mahal.

Apa itu Diagnostik Mobil?

Diagnostik mobil adalah cara mengevaluasi kinerja kendaraan di mana teknisi menggunakan mode pengujian elektronik. Sejumlah sensor dan microchip internal mengumpulkan data tentang berfungsinya semua komponen internal dan mengirimkannya ke Electronic Control Unit (ECU).

ECU terus-menerus menganalisis data ini sehubungan dengan beberapa kinerja dan data standar. Setelah mendeteksi penyimpangan, itu menghasilkan kode kesalahan yang menunjukkan cacat.

Menggunakan pembacaan kode atau alat diagnostik mobil, pemindai, atau bahkan komputer yang dilengkapi dengan perangkat yang tepat, teknisi dapat dengan cepat mendeteksi kesalahan pada mesin.

 

Diagnosis mesin dapat membantu Anda menilai kesalahan pada semua suku cadang mobil termasuk –

  • Transmisi
  • Tangki oli dan bahan bakar
  • Sistem pembuangan
  • Injektor bahan bakar
  • Pompa pendingin
  • Koil pengapian
  • Throttle

Seperti yang akan Anda perhatikan, komponen-komponen di atas terletak jauh di dalam kap mobil. Jadi, menyelesaikan masalah di dalamnya jika terjadi kerusakan bisa sangat memakan waktu. Berkat mesin diagnostik modern, masalah ini dapat dipecahkan dengan cepat.

 

Diagnostik Mobil Yang Terbaik Untuk Profesional

Alat yang dapat digunakan di rumah untuk diagnosis kendaraan tersedia di pasaran, tetapi harganya bisa sangat mahal. Selain itu, kode kesalahan diagnostik hanya memberi tahu Anda area masalah. Untuk memperbaiki cacat ini, Anda perlu pengalaman dan pengetahuan tingkat profesional.

Di Pusat Diesel Jackson, teknisi ahli menggunakan alat diagnostik canggih dan mampu melakukan semua perbaikan yang diperlukan. Mereka juga menawarkan pemetaan mesin dan layanan pembersihan DPF.

 

Penjelasan Kode Diagnostik

Perangkat yang digunakan untuk Diagnostik Mobil disebut Onboard Diagnostics Tool (OBD). Teknisi masalah atau kode kesalahan membaca dari ini kadang-kadang dikenal sebagai kode OBD.

Kode generik bersifat universal untuk mobil dari semua produsen. Ini mengikuti format tertentu. Contoh format ini adalah – P0301.

Huruf pertama menunjukkan di area kendaraan utama di mana masalahnya. ‘P’ adalah singkatan dari power-train, ‘B’ untuk tubuh; ‘C’ untuk Chassis, sedangkan ‘U’ berarti Jaringan Pengguna.

Digit kedua menunjukkan apakah kode kesalahan adalah untuk cacat generik atau pabrikan.

 

Tips Untuk Perawatan Mobil

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memastikan kinerja Anda optimal –

  • Periksa dan bersihkan filter udara secara teratur.
  • Pastikan baterai mobil Anda dalam kondisi yang benar.
  • Ganti busi dengan waktu.
  • Periksa timing belt secara teratur dan ganti pada interval yang disarankan.

Apabila anda berminat untuk menyewa mobil, khususnya di sumatera utara anda bisa menghubungi kami Rental mobil Medan Seindotransport, Kami menjamin Mobil-mobil kami dalam keadaan fit 100%, sudah menjadi komitmen kami semua penyewa mobil tetap dalam keadaan senang setelah menyewa mobil kami.