Detak Jantung Juga Akan Diperiksa

Lanjutan dari postingan sebelumnya Tips Mengatasi Penyakit Amandel pada Anak Bagian 2 yang membahasa mengenai penyakit amandel pada anak. Bila dicurigai adanya bakteri streptococcus, dokter akan mengambil sampel air liur dari belakang tenggorokan dengan kapas yang panjang. Tindakan medis ini terkadang merangsang anak untuk muntah, untuk itu perlu ada kerja sama yang baik dan kompak antara anak, orangtua, dan dokter. Sampel air liur yang diambil akan diperiksakan ke laboratorium. Sehari atau dua hari akan diterima hasilnya.

Jika hasilnya postif karena bakteri, anak akan diberikan obat antibiotik yang tepat untuk kuman yang terdeteksi. Nah, ini yang namanya pengobatan yang rasional alias Rational Use Medicine (RUM). Pada tonsilitis anak, komplikasi serius jarang terjadi, seperti: pembentukan nanah di rongga atas tonsil (abses peritonsil), abses kelenjar getah bening, penyebaran bakteri streptococcus ke ginjal (glomerulonefritis) dan demam rematik.

INDIKASI OPERASI

Organ tonsil berperan penting melawan infeksi dari udara sebelum masuk ke saluran napas bagian bawah sebab tonsil dapat memproduksi antibodi Imunoglobulin A-sekretori. Antibodi inilah yang melawan dan membunuh bakteri sehingga fungsi amandel ini menjadi benteng pertahanan terdepan yang menangkis serangan bakteri yang masuk melalui pernapasan dan mulut.

Jika dilakukan operasi amandel, akankah memengaruhi daya tahan tubuh? Jawabnya, “ya”. Oleh karena itu, sebisa mungkin amandel sebaiknya jangan dioperasi agar tubuh tidak kehilangan salah satu sistem pertahanan tubuhnya. Tanpa adanya amandel, tubuh akan lebih mudah terkena penyakit. Walau demikian, dokter mempunyai alasan mengapa amandel harus dibuang.

Bila penyebab infeksi pada amandel adalah kuman yang berbahaya dan bersifat darurat, maka tindakan tersebut memungkinkan untuk dilakukan. Jadi, menangani tonsilitis pada anak tidak melulu bisa dengan terapi obat antibiotik. Untuk kasus tertentu (indikasi absolut dan indikasi relatif), bisa dilakukan pengangkatan tonsil dengan cara operasi.

Gaya hidup sehat sangat penting diterapkan agar semua anggota keluarga sehat dan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar setiap harinya. Dengan berbagai informasi yang ada dan bisa didapatkan melalui internet, orangtua bisa menerapkannya pada keluarga. Situs cara mendidik anak dan tentang orangtua bisa menjadi referensi yang tepat. Disana terdapat banyak sekali informasi dan tips bagaimana cara mendidik anak yang benar dan menjadi orangtua yang baik.