Budidaya Ikan Mas di Kolam Sendiri

Tahukah Anda bagaimana sih cara budidaya ikan mas yang berhasil? Ikan Mas dengan nama latin Cyprinus carpio ini merupakan ikan yang menyukai perairan dangkal dengan aliran yang lambat dan tidak terlalu deras dengan suhu optimal.

Untuk suhu optimal dalam pertumbuhannya harus berkisar antara 25-30 derajat celcius agar ikan dapat hidup dengan baik. Ikan ini juga dapat ditemukan pada perairan payau dengan kadar garam 20-30 persen.

Teknik Budidaya Ikan Mas

Adapun teknik cara budidaya ikan mas adalah sebagai berikut :

1.Persiapan Kolam

Dalam budidaya ikan mas, hal yang perlu diperhatikan adalah kolamnya. Kolam harus bersih dari berbagai penyakit dan parasit. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengeringkan kolam ikan agar penyakit dan parasit dapat mati akibat paparan sinar matahari selama satu hari untuk kolam semen dan sekitar 5 – 7 hari untuk kolam tanah.

Budidaya Ikan Mas

Agar dapat menambah makanan alami pada kolam, Anda bisa mengkultur plankton dengan cara menambahkan pupuk organik atau pupuk kandang yang sudah matang sebagai makanan plankton. Setelah diberi pupuk, isilah kolam dengan air setinggi 15 cm. Pada saat warna air mulai berubah menjadi hijau, hal itu mengindikasikan bahwa ganggang dan plankton sudah tumbuh pada kolam. Setelah itu, barulah isi kolam dengan air hingga setinggi 120 cm.

2.Menyebar Bibit

Gunakanlah bibit ikan yang unggul dalam budidaya ikan mas agar resiko kegagalan dapat berukurang. Untuk memperoleh bibit unggul, Anda dapat membelinya di kelompok tani atau UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan atau di BPPI yang ada di wilayah Anda.

Bibit ikan mas yang unggul mempunyai ciri – ciri yaitu pergerakannya gesit, kulitnya mulus tanpa luka, cacat atau terkena jamur dan parasit lainnya. Ciri lainnya yaitu berasal dari indukan unggul dan bersertifikat, serta nafsu makannya baik. Untuk melakukan penyebaran bibit hal terpenting yang harus dilakukan adalah menyesuaikan jumlah bibit dengan luas kolam ikan yang ada.

3.Pemberian Pakan

Salah satu hal terpenting dalam budidaya ikan mas adalah pemberian pakan. Anda dapat memberi pakan pada Ikan Mas dengan pakan pelet yang berprotein 25% dengan volume pemberian pakan 3 – 4 % dari bobot ikan. Berilah makan setiap pagi dan sore hari secukupnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak meninggalkan sisa makanan yang dapat menimbulkan penyakit dan mengurangi oksigen akibat dari proses pembusukan pakan tersebut.

4.Pemanenan Ikan Mas

Dalam budidaya Ikan Mas hal yang paling ditunggu adalah pemanenan. Ikan mas dapat dipanen pada ukuran 300-400 gram/ekor atau pada usia 6-8 bulan. Jika ikan akan dijual, sebaiknya hal pertama yang harus dilakukan adalah menyortir pada ukuran konsumsi yang dikehendaki oleh pasar. Harga jual dari ikan mas tergantung dari permintaan pasar.

Semoga informasi tentang cara budidaya ikan mas ini bermanfaat untuk Anda.