Bisa Dihindari, Inilah Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Lupus

Lupus adalah penyakit dimana sistem imun tubuh bekerja keliru menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Sampai saat ini, obat untuk menyembuhkan lupus secara total belum ditemukan oleh medis. Untuk itu, ada baiknya anda mencegah penyakit lupus dengan menerapkan pola hidup di bawah ini.

Mengatur Pola Makan Sehat

Memiliki pola makan sehat dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur sangat penting dan bermanfaat untuk menghindari risiko terkena lupus. Makanan dengan kandungan kalori tinggi ternyata dapat membuat sel-sel imun yang terkait dengan lupus dapat menjadi lebih aktif.

Hindari Merokok

Menerapkan pola hidup tanpa rokok sangat bermanfaat tak hanya bagi kesehatan tubuh namun juga dapat bermanfaat mengurangi risiko terkena penyakit yang satu ini. Penderita lupus sangat rentan akan paparan toksin atau racun yang datang dari asap rokok.

Jangan Sampai Terlalu Lelah

Karena jika tubuh berada dalam kondisi kelelahan akan sangat mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya lupus. Mengkonsumsi vitamin dapat membantu menjaga tubuh anda supaya tetap bugar. Selain itu, tidur dan istirahat cukup juga dapat membantu, paling tidak tidur 7 jam setiap malam wajib dilakukan untuk menghindari risiko terkena lupus.

Lakukan Check Up

Anda bisa melakukan check up secara rutin untuk dapat memantau bagaimana kondisi dan daya tahan tubuh anda. Jika anda rutin melakukan check up, dokter tentu akan mengetahui kondisi tubuh anda, apakah ada virus atau penyakit berbahaya dalam tubuh anda.

Rajin Berolahraga

Olahraga rutin dapat anda lakukan agar tubuh senantiasa bergerak dan selalu aktif, karena penderita lupus sering mengeluhkan mengalami nyeri pada sendi dan biasanya dirasakan di tahap awal penyakit.

Hindari Paparan Sinar UV Berlebih

Sebaiknya hindari terkena paparan sinar UV terlalu sering, terlebih antara pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore. Langkah yang bisa anda lakukan adalah menggunakan sunscreen, sunblock atau tabir surya berSPF tinggi saat akan pergi ke luar rumah.

Fakta Penyakit Lupus, Umumnya Menyerang Wanita

Yang unik dari penyakit ini, penderita lupus 90 persennya adalah kaum hawa. Wanita berisiko 10 kali lebih tinggi terkena penyakit lupus daripada pria. Biasanya, lupus menyerang orang-orang pada usia 18 sampai 45 tahun.

Meskipun penyakit ini paling sering menyerang wanita, namun tak menutup kemungkinan pria, anak-anak, dan orang di segala usia pun dapat terserang penyakit lupus. Terlebih jika lupus menyerang wanita hamil, patut berhati-hati karena apabila tidak segera ditangani dapat membahayakan tak hanya kesehatan sang ibu namun juga janin yang dikandung.

Jika anda wanita dan sedang mengalami infeksi saluran kemih yang sudah diderita selama lebih dari 5hari, kencing berdarah, demam tinggi dan diabetes, segera periksakan diri dan konsultasikan kondisi anda ke dokter.

Menerapkan pola hidup sehat ternyata bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit lupus. Semoga artikel ini bermanfaat dan selalu ingat untuk menjaga kesehatan anda.