Bagaimana Roblox menghindari kebangkrutan dan tumbuh menjadi Milyaran Dollar

Ada perusahaan sukses yang tumbuh cepat dan mengumpulkan banyak pers. Lalu ada Roblox, sebuah perusahaan yang membutuhkan setidaknya satu dekade untuk mengambil langkah dan, relatif terhadap tingkat keberhasilan saat ini, nyaris tidak mendapat pengakuan atau perhatian.

SAN FRANCISCO, CA – SEPTEMBER 05: Roblox Corporation Founder and CEO David Baszucki speaks onstage during Day 1 of TechCrunch Disrupt SF 2018 at Moscone Center on September 5, 2018 in San Francisco, California. (Photo by Steve Jennings/Getty Images for TechCrunch)

Kamu mungkin perlu koleksi >> Roblox wallpaper HD

Kenapa punya Roblox? cerita pergi sebagian besar tak terhitung? Salah satu alasannya adalah ia muncul dari seluruh generasi portal dan platform permainan. Beberapa, seperti King.com, beruntung atau memutar bisnis mereka. Sebagian besar gagal.

Begitu perusahaan menyukai Facebook,Apple dan Google masuk ke kancah permainan, sepertinya ide yang buruk untuk mencoba membangun platform Anda sendiri – dan karenanya tidak layak untuk dibicarakan. Selain itu, pendiri dan CEO Dave Baszucki tampaknya tidak tertarik pada pers.

Tetapi secara keseluruhan, masalahnya adalah bahwa Roblox hanya tampak seperti cerita yang tidak penting selama bertahun-tahun. Perusahaan itu memiliki jutaan pengguna, tentu saja. Begitu juga sejumlah game populer. Pada hari-hari awal, Roblox bahkan tampak seperti Minecraft, sebuah game yang dirilis lama setelah Roblox ditayangkan, tetapi itu tumbuh jauh, jauh lebih cepat.

Namun di sinilah kita sekarang ini: Roblox sekarang mengklaim bahwa setengah dari semua anak-anak Amerika berusia 9-12 berada di platformnya. Ini telah melonjak menjadi 90 juta pengguna unik bulanan dan siap untuk go internasional, berpotensi mengalikan jumlah itu. Dan itu unik. Pada dasarnya semua layanan distribusi lain yang menawarkan permainan melalui portal pada akhirnya gagal, terlepas dari beberapa sepupu jauh seperti Steam.

Ini adalah kisah tentang bagaimana Roblox tidak hanya bertahan, tetapi membangun platform yang berkembang.

Bibit ide

Sebelum Roblox, ada Revolusi Pengetahuan, sebuah perusahaan yang membuat perangkat lunak pengajaran. Meskipun dirancang untuk memungkinkan siswa mensimulasikan eksperimen fisika, mungkin dapat diprediksi, mereka juga memperlakukannya seperti permainan.

“Kegembiraan itu sepertinya membangun eksperimenmu sendiri,” kata Baszucki. “Ketika orang-orang memainkannya dan kami pergi ke sekolah dan laboratorium, mereka semua membuat kecelakaan mobil dan bangunan jatuh, membuat hal-hal yang sangat lucu.” Disediakan dengan kotak pasir, anak-anak tidak hanya melakukan eksperimen kering tentang massa atau kecepatan – mereka membuat game, atau pengalaman yang bisa mereka pamerkan ke teman-teman sambil tertawa.

Knowledge Revolution didirikan pada 1989, oleh Dave Baszucki dan saudaranya, Greg (yang kemudian tidak menemukan Roblox, tetapi sekarang ada di dewan). Hampir satu dekade kemudian, itu diakuisisi untuk $ 20 juta oleh MSC Software, yang membuat alat simulasi profesional. Dave terus di sana selama empat tahun sebelum pergi untuk menjadi investor malaikat.

Kamu juga bisa koleksi >> Roblox Coloring Pages to Print

Baszucki memasukkan uang ke Friendster,sebuah perusahaan yang mengunggah Facebook dan MySpace dalam kategori jejaring sosial. Investasi itu menumbuhkan gagasan lain untuk Roblox. Secara bersamaan, warisan Revolusi Pengetahuan dan Friendster adalah dua komponen utama yang mendasari Roblox: kotak pasir fisika dengan alat penciptaan yang kuat, dan grafik sosial.

Baszucki sendiri adalah teka-teki ketiga. Bagian dari seperangkat wirausahawan yang lebih tua, yang mungkin disebut generasi Steve Jobs, arketipe Baszucki tampaknya lebih dekat dengan Tn. Rogers daripada Jobs sendiri: tidak diragukan lagi sopan dan antusias, tidak pernah mengklaim wawasan unggul, dan lebih suka memberikan kredit atas prestasinya kepada orang lain . Dalam percakapan, ia menunjukkan minat baik pusat maupun tangensial untuk Roblox, seperti lingkungan virtual, game, pendidikan, identitas digital, dan masa depan teknologi. Di suatu tempat dalam campuran memabukkan ini, gagasan Roblox muncul.