Ayo Jaga Lingkungan Kita Dengan Melakukan Tips Seperti Dibawah Ini

Menjaga lingkungan adalah salah satu kewajiban kita supaya lingkungan kita tetap enak, nyaman dan terjaga kebersihannya. Saat ini kita sudah tau bahwa volume sampah dari waktu ke waktu terus bertambah.

Kualitas udara pun kita sudah tau makin kesini ia makin banyak tercemar. Makanya sangat penting untuk kita berinisiatif sendiri untuk bisa ikut andil dalam menjaga lingkungan yang ada di tempat kita tinggal.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar lingkungan di tempatmu bisa terjaga dengan baik :

  1. Miliki minimal 2 jenis tong sampah

Salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah kita harus memiliki lebih dari satu tempat sampah outdoor di rumah kita. Nantinya sampah tong sampah tersebut akan menampung dua jenis sampah yang berbeda.

Mulai dari sampah organik dan juga anorgnik akan dipisahkan sesuai dengan jenisnya. Dengan kamu memisahkan 2 jenis sampah tersebut, nantinya akan mempermudah kamu untuk melakukan pengolahan sampah.

  1. Olah lagi sampah organik

Salah satu cara yang paling lumrah untuk mengelola yang namanya sampah organik adalah dengan  membuatkannya menjadi pupuk kompos.

Nantinya pupuk kompos ini bisa digunakan untuk berkebun atau jika kamu tidak memiliki kebun, bisa kamu berikan kepada mereka yang memiliki kebun. Atau bahkan kamu bisa menjualnya jika kamu mau.

  1. Kelola juga sampah anorganiknya

Nah sampah anorganik rumahan biasanya lebih mudah lagi untuk dikelola. Biasanya sampah – sampahnya itu adalah seperti kertas, kardus, botol kaca, botol minuman, kaleng, dll.

Bahan – bahan ini lebih mudah untuk kita buat menjadi berbagai aneka kerajinan tangan. Namun jika kamu masih bingung karena tidak bisa membuat kerajinan tangan, kamu tetap bisa memberikannya kepada pemulung dan dengan senang hati mereka akan menerimanya.

  1. Gaya hidup Reduce, Reuse, Recycle

Biasanya untuk bergaya hidup 3R yaitu mengurangi penggunaan bahan – bahan plastik , lalu juga jangan lupa untuk memanfaatkan barang bekas untuk bisa digunakan kembali dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk mendaur ulang barang – barang yang sekiranya masih bisa didaur ulang.

Dengan kamu menerapkan beberapa tips diatas ini, dijamin lingkunganmu akan lebih bersih dan juga bisa lebih terjaga.